Maddengngeng, Berburu Sambil Menjalin Persaudaraan

Maddengngeng, atau berburu merupakan salah satu kegiatan yang masih sering dilakukan masyarakat Bugis utamanya masyarakat pedesaan yang mata pencaharian utamanya adalah bertani dan berkebun. Maddengngeng adalah salah satu kegiatan yang perlu dipertahankan dan dilestarikan karena dalam acara maddengngeng ini dapat terjalin persaudaraan dan kegotong royongan.

Tujuan kegiatan maddengngeng ini sendiri adalah untuk mempertahankan hidup, dalam hal ini menyelamatkan tanaman penduduk dari serangan babi hutan atau babi liar yang merusakan tanaman masyarakat, agar produksi pertanian ataupun perkebunan masyarakat tidak terganggu.
Acara maddengngeng saat ini masih bisa dijumpai di daerah-daerah seperti Bone, Soppeng, Wajo dan daerah-daerah lain di Sulawesi Selatan. Terutama di tiga daerah ini terdapat beberapa komunitas paddengngeng (pemburu) yang masih aktif dan kadang-kadang melakukan perburuan bersama-sama antara komunitas yang satu dengan yang lain.
Biasanya setiap melakukan kegiatan berburu, para paddengngeng yang menggunakan anjing pemburu ini setelah berhasil menangkap dan memusnahkan babi hutan hasil buruannya, nantinya akan dibagikan ke setiap anggota sebagai makanan anjing pemburu mereka.

0 komentar:

Syukraan...Terima Kasih Telah Berkunjung Disini Semoga Betah Berkunjung Jangan Lupa Isi Buku Tamunya Ya Dan Follow Me Di Facebook, Twitter Atau Diblogger, Dapatkan Informasi Postingan Terbaru Dari Blog Ini ^_^